Seneng Ngunyah

Sibuk Boleh, Sehat Harus

Desember 12, 2017 ye simple 2 Comments


Hai Kecapers...
Kali ini geng ngunyah mau sedikit kasih info buat kamu yang lagi sibuk banget dan suka telat makan nih. Ada hal menarik yang harus kamu coba! Tips sehat yang bisa kamu lakukan sembari menjalankan aktivitasmu yang padat.
Tips sehat untuk orang sibuk? Yuk scrooldown...
1. Sarapan
Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu regulasi gula darah mu ya kecapers. Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Sarapan yang dianjurkan untuk disantap adalah seperti dibawah ini:
·         Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi, misalnya oatmeal, sereal, buah, dan sayur.
·         Makanan yang mengandung serat yang tinggi, misalnya sereal gandum, dan biji Chia.
·         Makanan yang kaya akan protein, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi, yoghurt, dan telur.
·         Makanan yang mengandung lemak, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa .

2. Banyak minum air putih
·         Jangan lupa untuk banyak minum ya kecapers. Faktanya meminum 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi tetap tinggi, pencernaan lancar, dan konsentrasi terjaga. Pastikan untuk tidak meminum air putih tepat sebelum makan ya kecapers, karena hal itu dapat menghalangi proses pencernaan kamu loh.
3. Makan makanan yang segar
·         Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan-makanan yang baik untuk kesehatan. Jika kecapers ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil ya.
4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
·         Konsumsilah buah dan sayur setiap harinya ya kecapers.Disini geng ngunyah punya saran yaitu carilah buah dan sayur yang penuh warna, segar, dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayur tersebut. Pilihlah sayur-sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, atau bok-choy. Sayur-sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.
5. Hindari telat makan
·         Laju metabolisme akan melambat saat malam. So, Dianjurkan untuk makan malam sebelum jam 8 malam agar tubuh sempat untuk memproses makanan yang kecapers makan dan membersihkan racun pada tubuh Kecapers sehingga terhindar dari berat badan berlebih.
6. Jangan kebanyakan minum kopi & Alkohol
·         Kebanyakan minum kopi & Alkohol akan membebani organ hati, membuat dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urin), dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil. Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh Kecapers. Well, apabila organ hati terbebani, maka kemungkinan terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat loh kecapers.
·         Kurangi konsumsi kopi atau mungkin kalau bisa jangan mengonsumsi kopi. Konsumsilah teh-teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya:
7. Konsumsi suplemen
Tidak peduli sebarapa baik asupan makanan yang Kecapers makan, tidak ada seorang pun yang memiliki nutrisi sempurna pada tubuh. Stress karena pekerjaan dapat mempengaruhi nutrisi di dalam tubuh kita loh maka konsumsi suplemen tambahan sangatlah dianjurkan. Berikut suplemen-suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi seperti, multivitamin/mineral, probiotik, Vitamin B-complex, Omega 3, dan Minyak ikan.
Semua tips-tips yang udah kita sebutin di atas adalah hal-hal yang cukup mudah dilakukan, tidak peduli seberapa sibuknya ya Kecapers. Ingat selalu bahwa kesehatan lebih penting daripada kesibukan. Well, meskipun sibuk, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan mu ya Kecapers.
Yuk hidup sehat...
-Umar-

Foto terkait

2 komentar: